Belajar SEO itu perlu?

Belajar SEO memang mengasyikkan, tapi juga memusingkan, perlu belajar apa itu Pagerank, Black SEO, White SEO, link, follow, dofollow, URL, memilih keyword, dan design web yang SEO Friendly. Kenapa harus ribet & pusing ya? Padahal tujuan dari SEO adalah meningkatkan pengunjung di website kita kan? Adakah cara selain SEO? Ada kok, cara yang nggak kalah ampuh dengan SEO, apa itu?

SEO (Search Engine Optimization) adalah usaha meningkatkan trafik dari Search Engine (Google, Yahoo, MSN, dan kawan-kawan). SEO bertujuan agar website kita berada di peringkat tinggi saat orang mengetikkan kata kunci di Search Engine.

Membangun Kesetiaan Pengunjung

Pengunjung yang datang ke website kita, akan datang lagi di lain waktu, apabila dalam hatinya berkata “website ini bagus buat saya” atau “website ini yang saya butuhkan”. Untuk menarik minat pengunjung datang di lain waktu ada tips sebagai berikut dari Mas Cosa Aranda:

  • Menyediakan content yang informatif, up-to-date, berkualitas dan orisinil.
  • Memberikan sesuatu yang unik dan tidak didapatkan di situs lain.
  • Membangun interaksi dengan pengunjung.

Content (isi) yang berkualitas

Ini merupakan kunci utama dari membangun pengunjung web berbasis komunitas. Bagaimana jika Website kita menjual produk? Toko elektronika misalnya? Kita bisa melihat contoh website Innovative Electronics Surabaya. Website tersebut belum dioptimasi secara SEO, diantaranya:

  • Wesbite tersebut berbasis frame, yang menyulitkan spider/crawler.
  • Link dalam menu menggunakan gambar.
  • Tidak ada atribut ALT dan TITLE pada link dan gambar
  • Semua halaman memiliki judul yang sama yaitu nama toko atau perusahaan tersebut.

Meskipun tidak dioptimasi secara SEO, dilihat dari trafik di Alexa, saat ini peringkat web Innovative Electronics tidak berbeda jauh dengan blog tutorialgratis.wordpress.com ini, jadi saya memperkirakan pengunjung web Innovative Electronics adalah ratusan per hari. Web Innovative Electronic juga memiliki Pagerank=4.

Pagerank(PR) adalah ukuran penting atau tidaknya sebuah halaman web yang dibuat oleh Google. Semakin banyak halaman web lain yang link ke halaman tersebut, maka Pagerank akan semakin tinggi. Google mengkombinasikan jumlah link dan kualitas isi untuk mengurutkan peringkat web dalam search engine. PR terendah adalah 0 dan tertinggi adalah 10.

Saat tulisan ini dibuat, blog tutorialgratis.wordpress.com masih tergolong baru, tetapi sudah memiliki unique page view sekitar 1500 per hari, pengunjung unik 700 – 1000 per hari, dan Pagerank (PR) = 5. Terima kasih kepada pengunjung yang telah setia membuka blog ini, komentar, saran, dan kritikan saya nantikan. Banyak bloger senior yang bertandang. Sekali lagi terima kasih saya ucapkan kepada Anda, pengunjung blog tutorialgratis.wordpress.com.

Kembali ke masalah web Innovative Electronics, apakah kelebihan web ini dari sisi content?

  • Setiap produk dijelaskan secara detail, bukan cuma gambar.
  • Banyak artikel, aplikasi, dan bulletin.
  • Lebih dari 500 halaman terindeks Google dan Yahoo.

Kenapa web Innovative Electronics memiliki Pagerank (PR)=4 ? Apakah banyak halaman yang link ke website tersebut?

Ternyata tidak!

Silakan masukkan link:http://www.innovativeelectronics.com/ di Google, ternyata hanya ada satu halaman yang link ke website tersebut. Yaitu sebuah blog gratisan di blogspot yang memiliki PR=0. Terus darimana PR itu didapat? Yang punya ide silakan komentar ya )

Komentar, DOFOLLOW atau NOFOLLOW?

Nofollow adalah kode HTML yang memerintahkan search engine tidak mempertimbangkan link tersebut dalam menghitung peringkat halaman web. Tanpa attribute nofollow, sebuah link bersifat dofollow dan dapat meningkatkan ranking halaman yang dituju link tersebut.

Blog atau web dengan link komentar nofollow adalah bagus di lihat dari sisi SEO, tetapi saat ini banyak orang yang mencari backlink dan lebih menyukai komentar dengan attribute dofollow. Ini menyebabkan blog dengan link komentar dofollow banyak dikomentari orang. Meskipun demikian, mayoritas pengguna Internet tidak memperhatikan sebuah link adalah nofollow atau dofollow. Biasanya pengunjung yang berkomentar dalam blog/web adalah karena tertarik dengan isinya.

Fasilitas feed & berlangganan lewat email

Feed adalah fasilitas yang digunakan pengunjung untuk mengetahui content (isi) yang diupdate. Contoh feed dari blog ini: http://tutorialgratis.wordpress.com/feed/

Feed dapat dioptimalkan dengan mendaftarkan pada FeedBurner atau FeedBlitz. Dua layanan ini juga menyediakan fasilitas berlangganan lewat email (newsletter). Contoh, Anda dapat berlangganan lewat email artikel-artikel dalam blog ini dengan mengklik link berlangganan lewat email. Sebuah email konfirmasi akan dikirimkan setelah Anda mengisi form. Anda bisa berhenti berlangganan kapan saja, karena ada link unsubscribe di bagian bawah setiap artikel yang dikirimkan lewat email.

Dengan memberikan layanan berlangganan lewat email, berarti Anda dapat membangun komunitas atau pengunjung setia blog Anda.

Menjalankan SEO dan Membangun Komunitas, bagus nggak?

Jika dua teknik tersebut dijalankan secara bersamaan, hasilnya akan sangat memuaskan. Lihat blog CosaAranda.com yang menerapkan teknik SEO (bisa dilihat link yang ada di halaman itu berjubel), bisa juga di test dengan memasukkan kata link:http://cosaaranda.com di Google. Blog Cosa Aranda tersebut juga membangun komunitas dengan link dalam komentar dofollow, memberikan layanan berlangganan lewat email (jumlah pelanggannya: RIBUAN), dan content/isi yang original.

Kesimpulan

Belajar SEO itu bagus, tetapi yang terpenting dalam membangun komunitas web/blog Anda dan meningkatkan pengunjung web/blog Anda dalam jangka panjang adalah kualitas content/isi dari web tersebut.

Bagaimana pendapat Anda?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: